E-mail (Elektronick
Mail)
Kemajuan teknologi memungkinkan sesama pengguna komputer yang saling terhubung
melalui jaringan komputer dapat berkomunikasi secara langsung melalui teks,
teknologi ini dikenal dengan E-mail (Elekctronick Mail) atau surat
elektronik yang telah digunakan sejak pertengahan tahun 60-an.
Dengan e-mail komunikasi menjadi
lebih aman, lebih cepat (tidak membedakan jarak dan waktu) sehingga saat e-mail dikirim si penerima dapat menerima
e-mail pada saat itu juga.
Macam-macam sistem layanan email
1. POP3 Mail

Untuk mengecek e-mail jenis ini, kita terlebih
dahulu harus connect ke server POP mail, kemudian mendownload seluruh e-mail
yang ada, setelah itu baru kita bisa memutuskan hubungan internet dan membaca
e-mail tersebut. Untuk menjalankan POP mail digunakan program client mail
seperti Outlook express.
2. Web Based E-mail
Layanan
e-mail ini pengaksesannya melalui Web site, dimana mengutamakan kemudahan akses
ke dalam MailBox (kotak surat) secara gratis dengan menggunakan World Wide Web
sebagai media untuk masuk ke dalam mailbox tanpa memperdulikan pelanggannya
berasal dari ISP mana, dengan kata lain Email Berbasis Web, adalah sebuah server e-mail berbasis Websites (seperti Web site-Web
site lainnya), dimana pengoperasiannya selalu menuntut dalam kondisi Online (dalam
keadaan terkoneksi kejaringan Internet). Biasanya e-mail jenis ini banyak
disediakansecara gratis oleh Web site-Web site tertentu di Internet, seperti
:Hotmail.com, Yahoo.com, Apasich.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya, selain itu tidak membutuhkan program e-mail
khusus seperti Microsoft outlook, Eudora, dan lainnya.
Perbedaan antara email berbasis pop3 dengan email berbasis web :
Email berbasis POP3
|
Email berbasis Web
|
1.
memerlukan
aplikasi mail client.
2.
Akses
internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
3.
Hanya dapat
dibuka oleh komputer pengguna
4.
kapasitas
media penyimpanan lebih besar karena ukuran
penyimpanannya tidak terbatas (ditentukan sendiri)
5.
proses
relatif lambat
6.
email dapat
diambil dari server dan disimpan di email client
|
1. Tidak memerlukan aplikasi mail client.
2. Selalu dalam keadaan on line
3. dapat dilihat oleh siapapun yang memiliki akses internet.
4. Karena menggunakan komputer orang lain yang
dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya
5. Cepat dan handal
6. pemakai hanya dapat membaca email yang
diterimanya dan melakukan interaksi dengan email tersebut secara user
friendly.
|
Kelebihan dan kekurangan
Email
berbasis POP3
|
Email
berbasis Web
|
Kelebihan
1.
Lebih
mudah dalam pengarsipan, karena email disimpan dikomputer pengguna
2.
Dapat
dibaca secara offline (tidak connect ke internet), setelah mendownload seluruh email yang ada
di server POP kemudian bisa memutuskan
hubungan dengan internet dan membaca email.
|
Kelebihan
1. dapat membuka email miliknya dari
sembarang tempat yang memiliki akses internet.
2. Tidak memerlukan mail client karena dapat
berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.
3. Lebih
cepat dan handal
|
Kekurangan
1.
tidak
bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.
2.
Hanya
dapat dibuka dari komputer pemakai saja
|
Kekurangan
1.
untuk
mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet .
2.
Sulit
diarsipkan, karena email tersimpan di komputer server. Jika sewaktu-waktu
server mengalami masalah, ada kemungkinan email dapat hilang begitu saja.
|
MailBox di Kantor Pos dan MailBox E-Mail
a. Mailbox di kantor Pos
Mailbox di kantor pos adalah
penyimpanan surat secara fisik seperti :
- Kotak surat, yang terpasang didepan rumah
- Bis surat, kotak yang dipasang dijalan-jalan tetentu
- Kotak surat, yang dipasang di depan kantor pos
Mailbox di kantor pos mempunyai nomor identitas
(User ID) dan password yang berupa kunci kotak secara fisik.
b. Mailbox e-mail
Mailbox e-mail (logik) adalah penyimpan surat dengan cara
mengakses melalui jaringan internet. Untuk mendapatkan User ID dan Password
harus registrasi atau membuat e-mail lewat ISP atau e-mail gratis yang
disediakan oleh website-website penyedia layanan e-mail.
Membuat E-mail Dengan Website Yahoo
Yahoo! Mail merupakan website penyedia layanan email
yang paling populer di masyarakat, Yahoo! Mail menyediakan layanan e-mail
gratis dengan kapasitas mailbox hingga lebih 100 Mega Byte (100 MB).
1. Mendaftar
E-mail
Untuk memperoleh sebuah account e-mail di Yahoo! Mail
langkah-langkahnya :
1.
Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada
address bar kemudian tekan enter.
2.
Setelah terbuka halaman web seperti gambar di bawah,
klik tombol hyperlink Sign Up Now atau klik
tombol Daftar
3. Setelah muncul form
registrasi, isilah semua yang diminta. Untuk pengisian pada bagian Yahoo! ID pilihlah kata-kata mudah dan kemungkinan belum dipakai
oleh orang lain. Yahoo! ID ini nantinya akan menjadi nama alamat email anda.
Misalkan pada yahoo! ID diisi sman1srg maka alamat e-mail
lengkapnya menjadi sman1srg@yahoo.com .
Kemudian isilah Password yang nantinya akan berfungsi sebagai kata kunci jika
akan membuka Mailbox anda.
4.
Setelah semua data diisi benar, klik tombol I agree
yang terletak dibagian paling bawah form pengisian.
Setelah proses pendaftaran
berhasil, maka akan muncul halaman konfirmasi,
Anda dapat mengklik tombol Continue to Yahoo untuk membuka halaman web
Yahoo!
2. Membuka/ Membaca
Surat Lewat
E-mail
Untuk membaca pesan atau surat elektronik menggunakan account Yahoo!
Mail, Langkah-langkahnya :
1.
Jalankan browser, lalu ketik mail.yahoo.com pada
address bar, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
2.
Kemudian ketikkan Yahoo!
ID anda pada kotak isian Yahoo!ID, dan ketikkan password, lalu kliklah sombol Sign
In.
3.
Setelah proses sign in berhasil, akan tampil halaman
yang memuat inbox.
4.
Klik pada Inbox (kotak masuk) yang ada di bagian
halaman web, Klik salah satu judul e-mail yang akan dibaca sehingga terbuka
halaman e-mail yang akan dibaca.
3. Menulis
Surat dan Mengirim Pesan Lewat E-mail
Untuk
menulis surat elektronik dan mengirimnya, caranya dapat dikuti langkah-langkah
berikut :
1.
Pastikan dalam keadaan sign in (ikuti langkah
1 s.d 3 cara membuka email)
2.
Klik tulisan compose
(tulis) sehingga dilayar akan muncul gambar berikut
3.
Pada kotak isian To ketik alamat email yang di tuju.
4.
Pada kotak isian Cc
5.
Pada kotak isian Subject, ketik topik yang sesuai isi surat. Contoh : Tugas ketiga.
6.
Ketik isi surat
pada bagian editor teks.
7.
Untuk meneruskan e-mail tersebut, klik tombol send (kirim)
4. Membaca dan Membalas (Reply)
1. Untuk mengetahui ada surat
yang masuk atau tidak cukup dengan mengklik tombol inbox atau mengklik tombol Check
mail hingga tampil daftar surat yang masuk, klik salah satu untuk
membacanya.
2. Untuk membalas atau menjawab e-mail yang kita terima, klik tombol
Reply hingga halaman pengiriman surat terbuka. Jika ingin meneruskan e-mail
ke rekan / alamat yang lain kliklah tombol forward
dan halaman pengiriman surat terbuka, dan kita tinggal mengetikkan alamat
e-mail yang ingin kita teruskan atau kita kirimi.
Attachment File
Attachment adalah
fitur dalam pengiriman email yang memungkinkan kita untuk melampirkan suatu
file dalam komputer saat mengirim email. Kadang saat kita mengirimkan surat kita ingin
mengikutkan lampiran surat yang lain sehingga surat yang kita buat menjadi
lebih lengkap tetapi tidak terlalu panjang.
Singkatnya,
fungsi Attachment File dalam sebuah
email yaitu untuk mengirimkan
suatu file misalnya document word, power point, excel, video,gambar,animasi dll.,
melalui email ke
alamat email tujuannya.
Hal ini dilakukan karena format
dalam konten email sangat sederhana sehingga sulit untuk mengirimkan data seperti
format graphic, spreadsheet, word processor, dan file video. Jadi hal ini dapat
dimanfaatkansebagai sarana berbagi file dengan seseorang melalui email.
Sedangkan cara melakukan
Attachment File ialah :
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
- klik compose pada pilihan yang ada pada email anda
- klik attachment file
- Klik Browse
- Pilih file yang diinginkan
- Klik Attach File
- Pilih Done
- Klik Send
Tidak ada komentar:
Posting Komentar